Mengenal Lindi dan Cara Memanfaatkannya

26 Mar 2014

Cairan dari sampah dikenal dengan nama lindi (leachate).

Lindi adalah cairan yang merembes ke bawah dari tumpukan sampah yang terbentuk karena pelarutan dan pembilasan materi materi terlarut dan proses pembusukan oleh aktivitas mikroba setelah adanya air eksternal, termasuk air hujan, yang masuk ke dalam tumpukan sampah itu.

Tumpukan sampah di TPA berpotensi menghasilkan lindi. sumber gambar : jawabarat.news

Tumpukan sampah di TPA berpotensi menghasilkan lindi. sumber gambar : jawabarat.news

Lindi mengandung mikroba dan berbagai macam mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri. Selain mengandung unsur organik dengan konsentrasi tinggi, lindi juga mengandung unsur logam seperti Zn dan Hg.

Jenis komposisi kandungan air lindi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jenis dan umur sampah, jenis air yang melalui timbunan sampah,faktor lahan dan iklim, kondisi hidrogeologi, kedalaman timbunan sampah, kemiringan tanah tempat penimbuhan sampah dan faktor tanah penutup sampah.

Lindi yang masih segar memiliki kandungan pH (derajat keasaman) dan COD (menunjukkan kadar zat organik, dimana semakin tinggi COD menunjukkan semakin tinggi kadar zat organik) tinggi dibandingkan dengan lindi yang sudah disimpan di bak penampung.

Lindi tersebut berbau. Dan jika tidak ditangani dengan baik, akan terserap tanah dan mencemari air di sekitar tumpukan sampah. Pencemaran air permukaan oleh air lindi bisa mengakibatkan matinya ikan, perubahan keseimbangan hidup flora dan fauna di dalam air dan hilangnya nilai estetik dari air.

Pencemaran tanah oleh lindi bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengembalikan seperti kondisi tanah sebelumnya.

Memilih Lokasi Penumpukan Sampah

Untuk mengurangi bahkan menghindari kemungkinan pencemaran dari lindi, perlu dicarikan tempat penumpukan sampah dengan kriteria

1. Lahan dasar dengan kemampuan untuk menetralisir cemaran secara baik.

2. Mengisolasi lahan tersebut agar air eksternal,terutama air hujan, tidak masuk dan lindinya tidak ke luar.

3. Membuat tembok penghalang di sekitar lahan penimbuhan sampah dengan tujuan air tanah lebih tinggi dibandingkan air tanah dibawah timbunan sampah. Dengan cara ini, lindi tidak mengalir ke air tanah.

4. Lokasi lahan yang memungkinkan mengalirkan lindi secara mudah ke bak penampung.

Pengolahan Lindi

Beberapa pilihan pengolahan lindi adalah :

1. Resirkulasi lindi ke dalam area penumpukan sampah. Cara ini menimbulkan keuntungan yaitu mempercepat proses evaporasi dan mereduksi cemaran organik lindi

2. Pengolahan lindi dengan menggunakan membran dengan tujuan mengurangi kadar COD (bahan organik yang dapat didegradasi secara kimiawi), BOD (bahan organik yang bisa didegradasi secara biologi) serta kandungan logam pada lindi.

3. Pengolahan kimia fisika, biasanya koagulasi-flokulasi-pengendapan

4. Pengolahan secara aerobik dengan proses lumpur aktif, kolam stabilisasi atau kolam aerasi

5. Pengolahan secara anaerobik, biasanya kolam stabilisasi

6. Pengolahan dengan metoda landfill yang bisa menampung lindi dalam jumlah banyak dengan disertai unit pemanfaatannya untuk biogas.

Pemanfaatan Cairan Lindi

Ternyata, seperti halnya sampah, lindi bisa dimanfaatkan. Apalagi mengingat jumlah lindi yang dihasilkan dari tumpukan sampah yang dihasilkan kota besar, seperti Bandung, terhitung besar.

a. Dimanfaatkan Sebagai Biogas

Lindi mengandung senyawa organik terutama senyawa karbon sehingga potensial menjadi bahan baku pembuatan biogas. Resirkulasi lindi dapat meningkatkan laju dekomposisi kandungan organik menjadi biogas hingga 70 %.

b. Dimanfaatkan untuk Pupuk Cair

Pupuk organik merupakan produk pupuk ramah lingkungan. Lindi banyak mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman, diantaranya organik Nitrogen (10-600 mg/lt), Amonium Nitrogen (10-800 mg/lt), Nitrat (5-40 mg/lt), Fosfor Total (1-70 mg/lt), Total besi (50-600 mg/lt).


TAGS Mengenal lindi cara memanfaatkan lindi bahaya dari lindi manfaat lindi biogas dari lindi pupuk cair lindi cara pengolahan lindi


-

Author

Follow Me